Profil Biografi Juan Domingo Peron

By Kyu Enda Saturday, November 14, 2015
Profil Biografi Juan Domingo Peron
Biodata Profil Dan Biografi Dia Juan Domingo Peron adalah jenderal dan politikus Argentina. Dia terpilih untuk tiga kali masa jabatan sebagai presiden Argentina. Perón dan istrinya, Eva begitu populer di kalangan rakyat Argentina. Dia adalah tokoh Amerika Latin yang terkemuka pada abad ke-20, dan telah membawa banyak perubahan penting dalam arena politik negaranya.

Peron Dilahirkan di Lobos, Buenos Aires, 8 Oktober 1895. Dia melanjutkan pendidikannya di Colegio Militar, sebuah akademi tentara dan Escuela Superior de Guerra. Pada tahun 1930 dia menyertai pemberontakan tentara menentang Presiden Hipólito Irigoyen dan menjadi sekretaris rahasia Menteri Pertahanan antara 1930 dan 1935.

Peron kemudian mengambil alih kementerian buruh dan menukar gerakan buruh dengan cara melemahkan pengaruh partai sayap kiri di sana. Dia juga telah mensahkan UU Perburuhan yang baru serta melancarkan persatuan buruh yang baru. Perón telah dilantik sebagai deputi Presiden dan juga Menteri Pertahanan pada 1944.

Saat kekuasannya semakin kuat, penentangan terhadapnya juga makin lancar terutama dari pihak tentara. Pada 9 Oktober 1945, dia dipaksa meletakkan semua jabatannya dan telah dipenjarakan. Tapi golongan buruh mendukung dengan melancarkan satu revolusi yang terancang dan membebaskannya dari penjara. Empat hari kemudian dia menikah dengan wanita simpanannya Mariá Eva Duarte, yang terkenal sebagai Evita Peron.

Perón juga mendirikan partai yang dikenal sebagai Partido Justicialista atau Partai Keadilan dan Sosial. Partai tersebut lalu menjadi partai politik yang penting di Argentina. Para anggotanya telah berkampanye untuknya. Hasilnya, pemilu yang diadakan pada Februari 1946, telah memihak kepada Perón dan dia memperoleh 56% suara.

Sebagai presiden, dia telah berusaha kearah pro-buruh, pengindustrian negara, polisi pro- nasionalisme, dibantu oleh isteri keduanya Evita Peron, yang telah menjadi pengaruh informal dalam polisi kerajaannya. Dasar-dasar ini telah diberi nama Perónisme, yaitu satu paham yang telah digunakan oleh pemimpin-pemimpin lain di Argentina dan juga negara-negara membangun lain seperti Malaysia. Dia dianggap sebagai agen pembaharuan di negara ini kerana mengalihkan tumpuan ekonomi dari pertanian ke sektor perindustrian.

Kematian Evita, isterinya yang tercinta pada 1952 telah memberi pengaruh kepadanya. Dia mulai membuat beberapa kesalahan dalam kerjayanya. Satu kesalahan yang utama ialah memberi hak kepada Standard Oil (atau sekarang dikenali sebagai ESSO) sebuah perusahaan dari Amerika Serikat untuk mengekploitasikan minyak di Argentina.

Pada 19 September 1955, Peron diberhentikan dan diasingkan setelah militer melakukan kudeta pemerintahannya. Pengasingan selama 18 tahun tidak melunturkan pengaruhnya di kalangan rakyat. Pada tahun 1973, di usia 78 tahun, Perón terpilih kembali sebagai Presiden Argentina untuk periode yang ketiga kalinya. Dalam satu strategi politik, dia memilih isterinya, Isabel Martínez de Perón, sebagai deputi presiden. Dia meninggal di kantornya pada 1 Juni 1974 dan posisinya kemudian digantikan oleh Isabel.
Demikianlah Postingan kali ini, Jangan Lupa Untuk Membaca Tokoh Tokoh Orang Berpengaruh,Terkenal Dan Terpopuler Lainya Seperti Silahkan Baca Biodata / Biography,Foto Gambar Dan Bagaimana Kehiduapan Dari Profil Biografi Jenderal TNI (Purn) Wiranto
TAG: Arti, Makalah, Artikel, Pengertian, Definisi, Agama

No Comment to " Profil Biografi Juan Domingo Peron "